HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ROBERT WOLTER MONGISIDI MANADO

THE RELATIONSHIP OF NURSE THERAPEUTIC COMMUNICATION WITH OUTPATIENT PATIENT SATISFACTION AT ROBERT WOLTER MONGISIDI HOSPITAL, MANADO

Authors

  • Sri Wahyuni Stikes Muhammadiyah Manado
  • Wa Seti Lahaja Stikes Muhammadiyah Manado

DOI:

https://doi.org/10.57213/nurse.v3i2.64

Keywords:

Komunikasi Terapeutik, Perawat, Kepuasan Pasien

Abstract

Latar belakang proses komunikasi terapeutik meliputi kemampuan dan komitmen yang tulus pada pihak perawat untuk membantu pasien mencapai kesembuhan. Salah satu unsur penilaian pasien terhadap pelayanan yang diberikan adalah komunikasi, karena komunikasi mempunyai peran yang besar dalam kepuasan pasien. Tujuan Komunikasi yang dilakukan secara terapeutik akan banyak menghindari  resiko yang tidak perlu terjadi dan akan membuat pasien merasa lebih nyaman dan puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh perawat.

Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Analitik yang bersifat Cross Sectional. Cara penarikan sampel dengan menggunakan Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan data dianalisis menggunakan uji chi-square dengan tingkat signifikan ( = 0,05).

 Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik  perawat dengan kepuasan pasien dengan hasil uji Continuity Correction diperoleh nilai p = 0,002 < nilai  = 0,05. maka artinya H0 ditolak dan Ha diterima atau ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien.

Kesimpulan dalam penelititan ini terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien rawat jalan.Berdasarkan hasil penelitian, maka perawat perlu mempertahankan sikap keterampilannya dalam berkomunikasi dengan pasien. Hal ini dikarenakan komunikasi berhubungan erat dengan tingkat kepuasan pasien. 

References

Anggraini, (2012). Hubungan Kepuasan Pasien dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Usada Sidoarjo. vol 2. no 1. Januari 2012Diakses dari In http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/507/556. (Minggu 20-Mei-2019 : 14: 00 WITA).

Nasir, M, (2013). Hubungan KomunikasiTerapeutik Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien dan Keluarga Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Jogja. Journal Ilmiah. journal.Universitas Muhammadiyah Jogja. Vol.9 No. 4. Diakses dari https://ejournal.stikespku.ac.id (Minggu 20 – Mei - 2019 : 20:29 WITA )

Nasir, Abdul. (2009). Komunikasi Dalam Keperawatan.Jakarta: Salemba Medika

Nilaika, N. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Inap di RSUD Sukoharjo. Karya Tulis Ilmiah. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta. Jurnal ilmiah. Universitas Sebelas Maret. Volume. 5. No. 1. 1 Juli 2012. Diakses dari http://digilib.uns.ac.id (Minggu 20-Agustus-2019 WITA)

Nursalam. (2008). Metodologi Riset Keperawatan.Jakarta: VV. Sagung Seto

Suryani. (2015). Komunikasi Terapeutik Teori & Praktik, Ed 2, ECG, Jakarta.

Sugiyono.2012.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Sri Wahyuni, & Wa Seti Lahaja. (2022). HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ROBERT WOLTER MONGISIDI MANADO: THE RELATIONSHIP OF NURSE THERAPEUTIC COMMUNICATION WITH OUTPATIENT PATIENT SATISFACTION AT ROBERT WOLTER MONGISIDI HOSPITAL, MANADO. Jurnal Nurse, 3(2), 107–116. https://doi.org/10.57213/nurse.v3i2.64

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.