ANALISIS ENGLISH AWARENESS DAN PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS OLEH PERAWAT
DOI:
https://doi.org/10.57213/nurse.v6i1.172Keywords:
Kesadaran Bahasa, PerawatAbstract
Kesadaran berbahasa adalah sikap manusia yang bertanggung jawab baik secara pribadi maupun kolektif untuk menciptakan rasa saling memiliki bahasa. Communication excellence merupakan kebutuhan yang meningkat seiring dengan tekad seseorang untuk mengikuti perkembangan teknologi dan waktu. Untuk penelitian ini peneliti mengambil sampel perawat yang bertugas di RS Arosuka Sumatera Barat. Data akan dikumpulkan dengan memberikan kuesioner kepada perawat yang diambil sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawat di rumah sakit menyadari sepenuhnya bahwa kemampuan berbahasa Inggris merupakan syarat penting bagi mereka. Namun, perawat jarang menggunakan bahasa Inggris di tempat kerja. Alasan yang diberikan adalah kondisi atau situasi langka yang mengharuskan perawat menggunakan bahasa Inggris di tempat kerja. Sebaliknya, sebagian besar responden menunjukkan antusiasme yang besar terhadap pelatihan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris jika pelatihan diadakan di rumah sakit.
References
Afriyie, Dorothy. 2020. Effective Communication Between Nurses and Patients: An Evolutionary Concept Analysis. British Journal of Community Nursing, Vol. 25 No.9
Aziz, A. L. (2014). Penguatan Identitas Bahasa Indonesia Sebagai Lambang Identitas Nasional Dan Bahasa Persatuan Jelang Penerapan Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) 2015, Jurnal Studi Sosial, 6(1), 14-20.
Bakker, D. A., Fitch, M. I., Gray, R., Reed, E., & Bennett, J. (2001). Patient-health care provider communication during chemotherapy treatment: The perspectives of women with breast cancer. Patient Education and Counseling, Vol. 43 No. 1
Fakhr-Movahedi A, Negarandeh R, Salsali M. 2012. Exploring Nurse-Patient Communication Strategies. Hayat Journal of Faculty of Nursing & Midwifery, Vol 18 No. 4
Farahian, M., & Rezaee, M. (2015). Language Awareness in EFL Context: An Overview. International Journal of Language, Literature and Culture, 2(2), 19–21.
Hariya, Harlina.,& Fazri, N. Yusuf. (2020). Challenges of Learning English in Rural School. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 20 No. 3, 325-334.
Harris, David. 1974. Testing English as a Second Language. New York: Mc. Graw. Hill Book Company.
Itri, J. N., Yacob, S., & Mithqal, A. (2017). Teaching communication skills to radiology residents. Current Problems in Diagnostic Radiology, Vol. 46 No. 5
Izzan, A. (2010). Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris. Humaniora.
Kruijver, I. P., Kerkstra, A., Bensing, J. M., & van de Wiel, H. B. (2000). Nurse-patient communication in cancer care. A review of the literature. Cancer Nursing, Vol 23 No. 1
Kulsum, N. M. (2017). Modul Public Speaking.
Kustanti, D., & Prihmayadi, Y. (2017). Problematika Budaya Berbicara Bahasa Inggris. Al-Tsaqafa. Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 14(1), 161-174.
McGilton, K., Irwin-Robinson, H., Boscart, V., & Spanjevic, L. (2006). Communication enhancement: Nurse and patient satisfaction outcomes in a complex continuing care facility. Journal of Advanced Nursing, Vol. 54 No 1.
Mulyana, A. T. (2018). Model Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Sebagai Mata Kuliah Wajib Umum (Mkwu) Berbasis Paradigma Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Aspek Career And Life Skills (Cls). Jurnal Inovasi Pendidikan Mh Thamrin, 2(2), 43-54.
Oktavia, P. (2021). Perancangan Sistem Informasi Leuage Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris
Papagiannis A. 2010. Talking with the patient: fundamental principles of clinical communication and announcement of bad news. Medical Time Northwestern Greece.
Papadantonaki A. 2006. Communication and Nursing. Nosileftiki, Vol. 45 No. 3
Stewart, M. A. (1995). Effective physician-patient communication and health outcomes: A review. CMAJ, Vol. 152 No. 9
Sukarelawati, M. S. (2019). Komunikasi Interpersonal Membentuk Sikap Remaja. Pt Penerbit Ipb Press.