HUBUNGAN STRES AKADEMIS DAN NON AKADEMIS TERHADAP PERILAKU SELF-HARM PADA MAHASISWA UNIVERSITAS RIAU

Authors

  • Amelia Azzahra Universitas Riau
  • Sri Wahyuni Universitas Riau
  • Arneliwati Arneliwati Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.57213/nurse.v6i1.134

Keywords:

self-harm, stres akademis, stres non akademis

Abstract

Stres yang dialami mahasiswa baik dalam bidang akademis maupun non akademis semakin banyak terjadi. Reaksi stres mahasiswa cenderung beragam, salah satu kemungkinan yang mungkin terjadi pada mahasiswa akibat stres yang dialami adalah melakukan self-harm (melukai diri sendiri). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan stres akademis dan non akademis terhadap perilaku self-harm pada mahasiswa Universitas Riau. Metode: desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa aktif UNRI sebanyak 222 sampel yang diambil dengan teknik total random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Hasil: sebanyak 222 mahasiswa menjadi sampel dalam penelitian ini. Semua responden berada pada rentang usia 17-25 tahun yaitu dewasa awal, mayoritas tingkat stres akademik yang dialami yaitu tinggi sebanyak 120 responden (54,1%), selain itu didapatkan mayoritas responden dengan tingkat stres non akademik tinggi yaitu berjumlah 116 responden (52,3%), dan perilaku self-harm didapatkan sebagian mahasiswa pernah melakukan self-harm sebanyak 118 responden (53,2%), dan hasil uji statistik chi-square didapatkan nilai p-value 0,015. Kesimpulan: dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara stres akademis dan stres non akademis dengan perilaku self-harm, sehingga diperlukan adanya cara untuk mengendalikan stres yang dialami serta pemberian dukungan kesehatan mental terhadap seseorang agar perilaku self-harm dapat dicegah.

 

 

References

Adiwaty, M. R., & Fitriyah, Z. (2015). Efektivitas strategi penyesuaian mahasiswa baru pada proses pembelajaran di perguruan tinggi (studi pada UPN Veteran Jawa Timur). Jurnal NeO-Biz, (vol.9) 87-97.

Ambarwati, P.D., & Pinilih, S. S. (2017). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan, 5(1), 40-47.

Aulia N., & Sasmita YH. 2019. Analisis Hubungan Faktor Risiko Bunuh Diri Dengan Ide Bunuh Diri Pada Remaja. Jurnal Keperawatan 11 (1). Poltekkes kemenkes Riau. http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/Keperawatan/article/download/53

Ayudanto, K.C. (2018). Hubungan antara stres akademis dan ide bunuh diri pada mahasiswa. (Skripsi). Fakultas Psikologi: Universitas Sanata Dharma

Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148.

Carroll, R., Metcalfe, C. & Gunnell, D. (2014). Hospital pre-senting self-harm and risk of fatal and non-fatal repetition: systematic review and meta-analysis. PLoS ONE, (vol.9).

Depkes RI. (2009). Kategori Umur Menurut Depkes RI. Departemen Kesehatan RI.

Dewi, N (2019). Perilaku etis mahasiswa akuntansi ditinjau dari locus of control dan love of money. Journal of Accounting Science

Hidayati, F., Fanani, M., & Mulyani, S. (2021). Prevalensi dan fungsi melukai diri sendiri pada mahasiswa. Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang, 172-179.

Indriyani, S., & Handayani, S. N. (2018). Stres akademik dan motivasi berprestasi pada mahasiswa yang bekerja sambil kuliah. Jurnal Psikologi, 11(2), 152-160.

Jalil, I. A., Dewi, Y. I., & Wahyuni, S. (2020). Mekanisme koping dan prestasi belajar mahasiswa yang ikut dan yang tidak ikut organisasi. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 1(1), 55-67.

Jenny, S. (2016). Understanding self-harm. Mind.

Klonsky, E. D., May, A. M., & Glenn, C. R. (2013). The relationship between nonsuicidal self-injury and attempted suicide: converging evidence from four samples. Journal of Abnormal Psychology, 122(1), 231.

Maidah, D. (2013). Self injury pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Negeri Semarang Indonesia, 2(1), 6–13.

Musabiq SA., & Karimah I. 2018. Gambaran stress dan dampaknya pada mahasiswa. InSight 20 (2). Universitas Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/332941220_Gambaran_Stress_da n_Dampaknya_Pada_Mahasiswa/fulltext/5cd2dbd0458515712e992200/ Ga baran-Stress-dan-Dampaknya Pada Mahasiswa.pdf? origin= publication_detail.

Paramita, D. A., Faradiba, T. A., & Mustofa, S. K. (2020). Adverse childhood experience dan deliberate self-harm pada remaja di Indonesia. Jurnal Psikologi Integratif, 19(1), 16-28.

Riska, A., Astuti, D. A., Shabrina, N. F., Elvina, N., & Ayu, N. (2019). Penelitian non-suicidal self-injury function scale. Magister Psikologi, Universitas Indonesia.

Sugiarti, A., Musabiq. & Karimah. I. (2018). Gambaran stress dan dampaknya pada mahasiswa. InSight, 20(2), 74-80.

Tasalim, R., & Cahyani. A. R. (2021). Stres akademik dan penanganannya. Bogor; Guepedia.

Untari, I., Putri, D. P., & Hafiduddin, M. (2018). Dampak perceraian orang tua terhadap kesehatan psikologis remaja. PROFESI (Profesional Islam). 15(2), 99-106.

Wahyudi, R., Nazriati, E., & Bebasari, E. (2017). Gambaran tingkat stres pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Riau tahun pertama. Jurnal Ilmu Kedokteran, 9(2), 107-113.

Wahyuni, S., Nauli, A. F., & Jumaini. (2020). Mental health problems among college students in Indonesia. Book of Abstract Riau International Nursing Conference 2020. 52.

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Amelia Azzahra, Sri Wahyuni, & Arneliwati, A. (2023). HUBUNGAN STRES AKADEMIS DAN NON AKADEMIS TERHADAP PERILAKU SELF-HARM PADA MAHASISWA UNIVERSITAS RIAU. Jurnal Nurse, 6(1), 01–12. https://doi.org/10.57213/nurse.v6i1.134