HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN TERJADINYA GASTRITIS PADA PASIEN DI PUSKESMAS TUMINTING MANADO

RELATIONSHIP OF EATING PATTERN WITH GASTRITIS IN PATIENTS IN HEALTH CENTERS TUMINTING MANADO

Authors

  • Sri Wahyuni Stikes Muhammadiyah Manado
  • Fitria M.Rogu Stikes Muhammadiyah Manado

DOI:

https://doi.org/10.57213/nurse.v4i1.65

Keywords:

Pola Makan, Gastritis

Abstract

Timbulnya suatu penyakit berpengaruh terhadap perubahan gaya hidup dan pola konsumsi makanan, sehingga banyak timbul masalah kesehatan, salah satunya gangguan pada lambung seperti gastritis. Gastritis biasanya timbul akibat pola makan tidak teratur sehingga lambung menjadi sensitive. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola makan dengan terjadinya gastritis pada pasien di Puskesmas Tuminting Manado.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Dekriptif Analitik dengan rancangan Retrospective. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang mengalami gastritis dan datang berobat di Puskesmas Tuminting Manado berjumlah 210 penderita. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non probability sampling dengan cara Accidental Sampling. Jumlah sampel yang didapatkan berjumlah 52 Responden. Instrumen penelitian menggunakan pertanyaan kuesioner sebagai pedoman wawancara dan lembar observasi untuk mengumpulkan semua data yang diperoleh dari responden. Keseluruhan data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisa menggunakan SPSS 16.0 untuk di analisa dengan uji statistik Continuity Correction dengan tingkat kemaknaan α = 0,05.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara pola makan dengan terjadinya gastritis pada pasien di Puskesmas Tuminting Manado didapatkan nilai p=0,013, responden yang memiliki pola makan yang baik terdapat 35 responden (67,3%).

Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan antara pola makan dengan terjadinya gastritis pada pasien di Puskesmas Tuminting Manado. Saran hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dan informasi tambahan pada tempat penelitian dalam upaya menguranggi angka kejadian gastritis pada tempat penelitian.

References

Iskandar 2009, Mengatasi gangguan pencernaan dengan Ramuan Tradisional

Kemenkes RI (2015) Data penyakit Tidak menular Gastritis

Notoadmojo 2010 Metedologi Penelitian

Mustakim,.M (2015). Edukasi Pencegahan Dan Penanganan Gastritis Pada

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Wahyu, D, dkk. (2018). Pola Makan Sehari- Hari Penderita Gastritis. Malang :

Poltekes Kemenkes Malang.

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Sri Wahyuni, & Fitria M.Rogu. (2022). HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN TERJADINYA GASTRITIS PADA PASIEN DI PUSKESMAS TUMINTING MANADO: RELATIONSHIP OF EATING PATTERN WITH GASTRITIS IN PATIENTS IN HEALTH CENTERS TUMINTING MANADO. Jurnal Nurse, 4(1), 53–62. https://doi.org/10.57213/nurse.v4i1.65