THE RELATIONSHIP OF KNOWLEDGE AND BEHAVIOR TO PERSONAL HYGIENE DURING MENSTRUATION IN ADOLESCENT WOMEN

Authors

  • Marni Marni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kesetiakawanan Sosial Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57213/nurse.v6i1.159

Keywords:

Pendidikan Kesehatan , Pengetahuan, Perilaku, Personal Hygiene

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Kelurahan Rawa Buaya yang merupakan mitra STIK Kesosi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh remaja putri. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap terhadap personal hygiene saat menstruasi pada remaja putri. penelitian ini menggunakan desain penelitian yaitu Deskriptif Analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Sampel berjumlah 21 responden yang didapat dengan menggunakan tehnik Simple Rondom Sampling. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata rata perbedaan dari pengentahuan dan perilaku remaja prsonal hygiene saat menstruai. Personal hygIene saat menstruasi merupakan Kebersihan  seseorang merupakan implementasi untuk tetap menjaga pola kebersihan diri dan kesehatan pada  area vagina diwaktu menstruasi sehingga dapat terhindar dari infeksi alat reproduksi. Tujuan dari personal hygiene menjaga kebersihan organ reproduksi wanita dilakukan dengan menjaga kebersihan pada daerah kewanitaannya dimana dari perawatan selama menstruasi bertujuan untuk pemeliharaan kebersihan dan kesehatan individu yang dilakukan selama masa menstruasi sehingga mndapatkan kesejahteraan fisik dan psikis serta dapat meningkatkan derajat kesehatan seseorang.

References

Agra, N. R. (2016). GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA SISWI SMA NEGERI 1 SUNGGUMINASA TAHUN 2016. June.

Hubaedah.(2019). Hubungan Pengetahuan Dan Perilaku Vulva Hygiene Saat Menstruasi Dengan Kejadian Pruritus Vulvae Pada Remaja Putri Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Sepulu Bangkalan.

Humairoh, F. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Vulva Hygiene pada Remaja Putri Panti Asuhan di Kecamatan Tambalang Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat 6(1) : 745–752.

Kementrian kesehatan RI. (2019). Infodatin Reproduksi Remaja-ed.pdf (p. 1). Pusat Data dan Informasi.

Khotijah, S. (2020), Pengaruh Metode Make A Match Terhadap Pengetahuan Tentang Perawatan Diri Saat Menstruasi Pada Remaja Putri Di Pondok Pesantren Al-Mizan Muhammadiyah Lamongan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Lamongan.

Munali, Kusnanto, Hanik Endang Nihayati, Hidayat Arifin. 2019. Edukasi Kesehatan: Perawatan Kaki Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Pencegahan Ulkus Kaki Diabetik, 8(1), pp. 23–30.

Nuryaningsih and Rosyati Heri (2020) ‘Hubungan Sumber Informasi dengan pengetahuan personal hygiene saat menstruasi’, Jurnal Penelitian Universitas Muhammadiyah Jakarta, 25(ISSN 0853-6007), pp. 63–71.

Nelwan, J. E, (2019), Epidemiologi Kesehatan Reproduksi, Manado; CV.Budi Utama.

Pramesti, H.D, (2019), Perbedaan Peningkatan Pengetahuan Menstrual Hygiene Menggunakan Media Booklet Dan Leaflet Pada Remaja Putri Di Pondok Pesantren An-Nur, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Skripsi. POLTEKKES Yogyakarta.

Priyitno, S. 2014. Buku Lengkap Kesehatan Organ Reproduksi Wanita. Akarta Selatan: Saufa.

Sulaikha. (2018). Hubungan Personal Hygiene dengan kejadian Pruritus vulvae pada remaja

Tantry, Y.U., Solehati, Tetty dan Yani, D.I., (2019), Gambaran Pengetahuan , Sikap, dan Perilaku Perawatan Diri Selama Menstruasi Pada Siswi SMPN 13 Bandung, Jurnal Keperawatan 10(1): 146-154.

Wahyuni, S, (2020), Efektivitas penggunaan media terhadap pengetahuan personal hygiene remaja putri saat menstruasi di sekolah MTsN 2 banda aceh tahun 2020. Skripsi. Universitas Muhamadiyah Aceh.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Marni, M. (2023). THE RELATIONSHIP OF KNOWLEDGE AND BEHAVIOR TO PERSONAL HYGIENE DURING MENSTRUATION IN ADOLESCENT WOMEN. Jurnal Nurse, 6(1), 32–38. https://doi.org/10.57213/nurse.v6i1.159

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.