EDUKASI ETIKA BERBISNIS DENGAN PEMANFAATAN LEAFLET PADA UMKM DESA RABA BAKA KABUPATEN BIMA

Authors

  • Muhammad Yusuf Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Firmansyah Kusumayadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Amirulmukminin Amirulmukminin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Aulia Rahman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.57213/abdimas.v7i1.209

Keywords:

Edukasi, Etika Bisnis, Pengelola Usaha, UMKM

Abstract

M itra binaan adalah mitra yang di bentuk oleh mahasiswa KKN kelompok IX yang berada di Desa Raba Baka sedangkan pelaku UMKM yaitupelaku usaha yang berada di Raba Baka dengan jenis usahanya antara lain U s aha dagang, kios keci, Mebel, Bakulan, Kedai, dan lain sebagainya .Kegiatan ini memiliki tujuan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada mitra binaan juga pelaku UMKM yang berada di Desa Raba Bakatentang etika bisnis yang perlu dimiliki dalam melakukan  bisnis.  Metode yang  ditawarkan  ke  UMKM  berupa  edukasi/sosialisasi dengan  menggunakan LEAFLET yang dilaksanakan secara door to door. Materi yang diberikan dalam leaflet meliputi pembahasan tentang PerananEtika dalam berbisnis untuk pelaku UMKM, Manfaat dalam berbisnis untuk pelaku UMKM Penerapan prinsip-prinsip etika dalam berbisnisdalam aktivitas keuangan, pemasaran, produksi dan SDM. Hasil kegiatan menunjukkan mitra sangat antusias dalam mendengar dan berdiskusiselama kegiatan berlangsung. Selain itu dapat memberikan bekal pengetahuan tentang etika dalam manajemen usaha.

 

References

Ali, M. H. (2020). Penerapan Etika Bisnis dan Strategi Manajemen Saat Pandemi Covid-19 Bagi UMKM. Eco-entrepreneurship, 6(1), 34-42.

Bernadine (2022). Implementasi Etika Bisnis dalam Operasi UKM Di Era Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 2, No 2.

Bukhari, E., Narpati, B., Wibowo, A., Fikri, N., Nursal., M. F., & Yunita, T. (2021). Pembekalan Perencanaan Keuangan Beriman. 1(1).

Ferrell, L. and Ferrell, O. C. (2017). Business Ethics: Ethical Decision Making and Cases. Boston, MA: Cengage Learning.

Haidar, Mohammad. (2020). Penerapan Etika Bisnis dan Strategi Manajemen Saat Pandemi Covid-19 Bagi UMKM. Vol.6 No.1

Keraf, S. (2010). Etika Bisnis : Membangun Citra Bisnis Sebagai Profesi Luhur. Yogyakarta: Kanisius.

Sastrodiharjo, Istianingsih (2020). Edukasi Etika Bisnis Untuk Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis, Vol. 2 No. 1.

Velasquez, Manuel G. (2005). Etika Bisnis, Konsep dan Kasus – edisi 5. Diterjemahkan: AnaPurwaningsih, Kurnianto dan Totok Budisantoso. Andi, Yogyakarta Wahyuni, Endang D

Wibawani, S. (2020) Pemberdayaan Pengurus Aisyiyah dengan Penguatan Manajemen Bisnis. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, Vol 1 No 1, p. 13-17.

Downloads

Published

2024-01-27

How to Cite

Yusuf, M., Kusumayadi, F., Amirulmukminin, A., & Rahman, A. (2024). EDUKASI ETIKA BERBISNIS DENGAN PEMANFAATAN LEAFLET PADA UMKM DESA RABA BAKA KABUPATEN BIMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesosi , 7(1), 23–31. https://doi.org/10.57213/abdimas.v7i1.209

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.