SOSIALISASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Nur Afni Wulandari Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kesetiakawanan Sosial Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57213/abdimas.v5i1.15

Keywords:

Covid19, PHBS

Abstract

ABSTRACT

Corona virus is not an epidemic that can be ignored. When viewed from the symptoms, ordinary people will think it's just an ordinary influenza, but for medical analysis this virus is quite dangerous and deadly. Currently, the number of deaths continues to increase. The best preventive effort is to avoid exposure to viruses based on PHBS (Clean and Healthy Living Behavior). Forms of clean and healthy living behavior during this covid pandemic include the use of masks; cover mouth and nose when sneezing or coughing; washing hands regularly with soap or disinfecting them with a hand sanitizer containing at least 60% alcohol; avoiding contact with infected people; keep your distance from people; and refrain from touching the eyes, nose, and mouth with unwashed hands. The role of parental knowledge will affect the formation of health behavior in children, especially in the application of PHBS.

Keyword : Corona Virus, Clean and Healthy Living Behavior

 

ABSTRAK

Virus corona bukanlah suatu wabah yang bisa diabaikan begitu saja. Jika dilihat dari gejalanya, orang awam akan mengiranya hanya sebatas influenza biasa, tetapi bagi analisis kedokteran virus ini cukup berbahaya dan mematikan. Saat ini kasus kematian terus meningkat. Upaya preventif terbaik yang dilakukan adalah dengan menghindari paparan virus dengan didasarkan pada PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Bentuk perilaku hidup bersih dan sehat pada masa pandemi covid ini antara lain penggunaan masker; menutup mulut dan hidung saat bersin ataupun batuk; mencuci tangan secara teratur dengan sabun atau desinfeksi dengan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol; menghindari kontak dengan orang yang terinfeksi; menjaga jarak dari orang-orang; dan menahan diri dari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci. Peran pengetahuan orang tua akan berpengaruh pada terbentuknya perilaku kesehatan pada anak terutama dalam penerapan PHBS.

Kata Kunci: Covid19, PHBS

Downloads

Published

2022-01-06

How to Cite

Nur Afni Wulandari Arifin. (2022). SOSIALISASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesosi , 5(1), 7–9. https://doi.org/10.57213/abdimas.v5i1.15

Most read articles by the same author(s)