ANALISIS CEMARAN BAKTERI E. coli PADA AIR KOLAM RENANG UMUM DI KABUPATEN TANGERANG DENGAN METODE MPN (MOST PROBABLE NUMBER)

Authors

  • Laili Safitri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kesetiakawanan Sosial Indonesia
  • Seftiwan Pratami Djasfar STIKES KESETIAKAWANAN SOSIAL INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.57213/medlab.v2i2.192

Keywords:

Kolam Renang, MPN, E.coli

Abstract

Air merupakan kebutuhan manusia, begitu juga dengan air kolam renang yang sering digunakan untuk rekreasi maupun olah raga. Kolam renang kini telah berkembang pesat di berbagai daerah termasuk Kabupaten Tangerang. Oleh karena itu, air kolam renang harus sesuai dengan Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan berdasarkan Peraturan Departemen Kesehatan RI Nomor 32 Tahun 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung cemaran bakteri E. coli pada air kolam renang umum di Kabupaten Tangerang berdasarkan Standar Permenkes No 32 Tahun 2017. Bakteri E. coli menjadi salah satu spesies utama dalam subkelompok fecal coliform karena sifatnya yang lebih spesifik karena umumnya tidak tumbuh di lingkungan secara bebas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode MPN yaitu suatu metode analisis kuantitatif untuk menentukan jumlah mikrooganisme target pada sampel yang dilakukan dengan dua tahapan, yaitu uji pendugaan dan uji penegasan. Uji pendugaan dilakukan dengan menggunakan media Lactose Broth (LB). Kemudian tabung dengan sampel yang positif dilanjutkan ke tahap dua yaitu uji konfirmasi yang dilakukan dengan media Briliant Green Lactose Broth untuk menghitung jumlah bakteri Coliform kelompok E. coli lalu dirujuk ke tabel Thomas. Pada penelitian ini didapatkan hasil berupa 2 dari 3 sampel positif E. coli dan 1 dari 2 sampel positif tersebut, nilainya berada di atas ambang batas ketentuan Peraturan Departemen Kesehatan RI Nomor 32 Tahun 2017 yaitu < 1 colony form unit (cfu)/100 ml sampel yang diperiksa setiap bulan. Dimana kolam A adalah 0 CFU/100ml, kolam B adalah 0,911 CFU/100ml dan kolam C adalah 1,070 CFU/100ml.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Safitri, L., & Djasfar, S. P. (2023). ANALISIS CEMARAN BAKTERI E. coli PADA AIR KOLAM RENANG UMUM DI KABUPATEN TANGERANG DENGAN METODE MPN (MOST PROBABLE NUMBER). Jurnal Medical Laboratory, 2(2), 9–17. https://doi.org/10.57213/medlab.v2i2.192