EKSPRESI MnSOD PADA BREAST CANCER CELL LINE MENGGUNAKAN TEKNIK qRT-PCR (QUANTITATIVE REVERSE TRANSCRIPTASE-POLYMERASE CHAIN REACTION)

Authors

  • Gita Wideani Program Studi Teknologi Laboratorium Medis, STIKes Kesetiakawanan Sosial Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57213/medlab.v3i1.216

Keywords:

MnSOD, Kanker Payudara Sel Garis, q-RT PCR

Abstract

MnSOD memiliki peran penting dalam meregulasi konsentrasi O2·- seluler yang merupakan oksidan kuat dan berbagai produk samping lain dari metabolisme sel. Perubahan konsentrasi MnSOD dikaitkan dengan berbagai penyakit neurodegeneratif. Overekspresi MnSOD dapat mensupresi tumorigenisitas sel kanker payudara sehingga diduga MnSOD adalah gen suppresor tumor pada berbagai jenis kanker. Melalui percobaan secara in vitro diketahui bahwa sel MDA-MB-231 digunakan sebagai indikator transformasi sel dan tumorigenisitas. Real time quantitative PCR (qRT-PCR) merupakan metode kuantitasi asam nukleat yang sensitif, spesifik dan reprodusible. Sejak awal pengembangannya, qRT-PCR menjadi revolusioner di bidang diagnostik molekuler dan tekniknya digunakan dalam berbagai aplikasi yang membutuhkan waktu analisa singkat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ekspresi MnSOD pada sel line breast cancer MDA-MB-231 dengan menggunakan teknik qRT-PCR. Sampel pada penelitian ini adalah mRNA dari kultur sel line MDA-MB-231. Berdasarkan hasil penelitian terjadi penurunan ekspresi gen MnSOD pada sel MDA-MB-231 sebesar 0,320 dibandingkan dengan sel punca CSA-ALDH.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Wideani, G. (2024). EKSPRESI MnSOD PADA BREAST CANCER CELL LINE MENGGUNAKAN TEKNIK qRT-PCR (QUANTITATIVE REVERSE TRANSCRIPTASE-POLYMERASE CHAIN REACTION). Jurnal Medical Laboratory, 3(1), 18–29. https://doi.org/10.57213/medlab.v3i1.216